Jumat, 10 Agustus 2012

Insomnia

Nov 18, '10 11:21 AM
for everyone
Dulu pernah sangat kesulitan tidur tiga bulan berturut-turut. Mulanya masih insomnia yang 'normal'. Yang semula jam 12 dini hari, jam dua pagi baru bisa tidur. Lalu lama kelamaan lewat waktu subuh, masuk ke jam sepuluh pagi, hingga sampai lewat waktu dhuhur. Dan pernah malah melewati waktu Ashar. Jadi 27 jam tidak tidur.

I knew, something wrong. Dan, sumpah, gak enak banget badan! Gak ada bangga-bangganya kalo gak bisa tidur itu ..jadi please deh buat yang komen "kamu kan udah biasa"Meh! *mendadak emosi, minum kiranti, balik adem ayem lagi*

Iseng-iseng kala menjadi manusia 'panda' dini hari, saat orang lain sedang terlelap, selain tentu saja mengetik, nulis sana-sini, nggambar, menuh-menuhin timeline di twitter, setel youtube, 

saya browsing tentang
"insomnia" .

Disitu saya jadi banyak tahu kenapa saya begini kenapa saya begitu. Saya juga sampai sedikit melotot sambil tergelak sewaktu saya membaca pada bab Durasi Tidur dan Kematian.

"Sebuah survei dari 1,1 juta penduduk di Amerika yang dilakukan oleh American Cancer Society menemukan bahwa mereka yang dilaporkan tidur sekitar 7 jam setiap malam memiliki tingkat kematian terendah, sedangkan orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 8 jam lebih tinggi tingkat kematiannya. Tidur selama 8,5 jam atau lebih setiap malam dapat meningkatkan angka kematian sebesar 15%. Insomnia kronis - tidur kurang dari 3,5 jam (wanita) dan 4,5 jam (laki-laki) juga dapat menyebabkan kenaikan sebesar 15% tingkat kematian. Setelah mengontrol durasi tidur dan insomnia, penggunaan pil tidur juga berkaitan dengan peningkatan angka kematian."


Hehehe. Huehuehuehue.Huahuahuahua.

Dulu waktu kebetulan diajak pergi ke Jogja, sebelumnya juga gak bisa tidur. Dan waktu perjalanan kesana, badan rasanya sakit semua dan bawaannya pengen muntah. Karena tak kunjung bisa tidur meski udah *sok* merem, akhirnya saya beli antimo. Jadi waktu perjalanan pulang bisa tidur. Rencananya sih, saya akan menenggak obat ini kalau ‘kebiasaan buruk’ saya ini tidak bisa diatasi. Tapi enggaklah…takut addicted.
Ada yang bilang “You’re not alone” kalo ditanya insomnia. Malah, sebagian penulis mengaku mereka sering insomnia karena disitu mereka bisa menuliskan ide-ide liar yang mereka dapat di pagi buta. Ada,bahkan yang sampai 5 hari gak tidur. Esumpe? *entah benar atau tidak. Saya juga tidak bisa membuktikannya* Namun, so far, sekarang tidur sudah balik teratur lagi. Semoga aja terus begini yah..Jadi, asyik kalau mau cari ide ke toko buku atau kemana-mana..”Not only” di internet.. Need fresh air, dan fresh body tentunya. :)
Sekian.




-Rana-

Kotatua beranjak cerah
18 November 2010


13 CommentsChronological   Reverse   Threaded
nawhi wrote on Nov 18, '10
sama, aku juga ngalamin insomnia. belakangan ini udah mulai berkurang sih soalnya badan capek gitu.
ninelights wrote on Nov 18, '10
nawhi said
belakangan ini udah mulai berkurang sih soalnya badan capek gitu.
habis ngapain,Aki?kok capek?*kalem*
johaneskris wrote on Nov 18, '10
kan enak insomnia... bisa online malam2 hehhehe
nawhi wrote on Nov 18, '10
habis ngapain,Aki?kok capek?
kan kemarin habis atiit :P
ninelights wrote on Nov 18, '10
kan enak insomnia... bisa online malam2 hehhehe
terus..ngapain pas onlen malem-malem gitu?
*mesam-mesem*
ninelights wrote on Nov 18, '10
nawhi said
kan kemarin habis atiit :P
o..tatian..
ucuk-ucuk-ucuk..
*belai pake buntut kambing*
yupee wrote on Nov 18, '10
aku juga penderita, tapi gak terlalu parah sih...
tapi sumpah ngeselin. klo pulang kantor berasanya udah cape banget, pengen buru2 sampe rumah, tidur. pas udah sampe rumah, makan, mandi, nyalain pc, malah suegeeerrrr!! -_-"
ninelights wrote on Nov 18, '10
yupee said
aku juga penderita, tapi gak terlalu parah sih...tapi sumpah ngeselin. klo pulang kantor berasanya udah cape banget, pengen buru2 sampe rumah, tidur. pas udah sampe rumah, makan, mandi, nyalain pc, malah suegeeerrrr!! -_-"
emmberrrrrr...
ayutyas wrote on Nov 18, '10
Hahaha.. Kalo ga insomnia, bukan Nana namanya. :p
an99a wrote on Nov 18, '10
Kalo tidur jam 3 bangunnya jam 10 masuk kategori insomnia gak tuh? Heuheuheu.. Tapi emang lewat jam 1 tuh suasananya bikin ide2 keluar semua.. Ada yg bilang krn udh sepi jd gak ada gangguan, tp gw malah selalu pake headphone dan setel musik kenceng2.. XP
ninelights wrote on Nov 18, '10
ayutyas said
Hahaha.. Kalo ga insomnia, bukan Nana namanya. :p
terus siapa?
ninelights wrote on Nov 18, '10
an99a said
Kalo tidur jam 3 bangunnya jam 10 masuk kategori insomnia gak tuh? Heuheuheu.. Tapi emang lewat jam 1 tuh suasananya bikin ide2 keluar semua.. Ada yg bilang krn udh sepi jd gak ada gangguan, tp gw malah selalu pake headphone dan setel musik kenceng2.. XP
jam 3 pagi bangun jam 10 siang?emmm.ummmm.ummmmmmmm. ga tau..XD
itu 7 jam bobo yak brarti?
iya..org beda-beda sih,Mira..ada yg justru dapet ide waktu crowded..tapi jg malah ada yg migrain karena ga bs konsen nulis krn bising..;-p
anotherorion wrote on Nov 18, '10
aku dah 2 tahun lebih insomnia nih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar